Senin, 18 Februari 2013

Mengenang Sidharta Gautama dan sedikit2 ttg dera derita yg disengaja (sebuah catatan)

Aku bukan pendongeng sejarah yang baik dan aku bukan seseorang yg bisa menuliskan sejarah sekehendak hatiku sendiri ... Aku hanya mudah tersentuh kalimat sederhana ...' a simple line can make me laugh or cry '.
Diawali dari seorang bangsawan bahkan pangeran dan tentunya pria tampan kasta tertinggi di India ... suatu perolehan yg eman2 untuk ditanggalkan ... Tapi Sidharta memilih hidup compang camping and never stay in one place ... sebut saja mantan bangsawan yg berkelana mengungkap dan menyingkapkan kehidupan dgn derita dan kata2.
Banyak org2 besar spt Hittler , Jenghis Khan bahkan 'Alexander the Great' yg menakhlukkan dunia dgn pedang di tangan dan dalam skala besar sebut saja dgn pertempuran. Bolehkah saya sebut Sidharta Gautama is the 'Greatest' among them ... Dia hanyalah laki2 sederhana yg duduk di bawah pohon yang rindang ... Tapi lihatlah pengaruhnya, dunia menganut kata2nya dan terutama umat Budha dgn 400 juta manusia tersebar di semua negara. Dia menakhlukkan dunia dgn style 'ngere' tanpa adu otot dan segala bentuk adu yg lain.
Sebenernya aku bicara apa to ini ? Aku cuma mau bilang bahwa Tuhan Maha Besar. Org yg kerjanya hanya duduk2 dan tdk menyakiti org, kalo Tuhan menghendaki dia jadi org besar ... maka jadilah dia pemuka agama yg ditakuti para raja.
Kalau di Islam penderitaan diajarkan dgn cara 'ketaqwaan', sholat; zakat, puasa dan naik haji. Sidharta juga meng-'highlight' 'penderitaan itu penting' krn penderitaan yg dilakukan dlm rangka taqwa sesungguhnya bukanlah penderitaan. Penderitaan sejati terjadi justru right after melakukan nafsu2 keserakahan, dendam dan dosa2 lain yg sepintas terkesan impressive krn kibaran duniawi.
Maka kalo kalian tanya nabi Muhammad atau Sidharta Gautama maka mereka akan bilang 'suffering is allright as long as in the name of God and Humanity'.
Sudahkah anda menderita hari ini ?? He he ... sudah ..sholat subuh ama sholat dhuhur ... Ha ha ... minimal sekaleee ... Iyaa lah ...levelku khan bukan nabi !!...
Maka jangan salahkan aku kalo aku masih tinggal 'in the forgotten corner of the city' atau katakanlah 'in the middle of nowhere' ... Mungkin disinilah tempat yg tepat untuk duduk2 di bawah temaram lampu malam dan tempat aku bisa merenung spt apa yg dilakukan Sidharta Gautama, ... he he ... tentu saja setelah 'bbc knowledge' menayangkan 'the story of india'...
Sehingga lahirlah sebuah makna :
DERA DERITA YANG DISENGAJA TERNYATA WORTHED ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar